Bisnis Online Dropship Untuk Anda Yang Ingin Memulai Bisnis Tanpa Modal

Jika anda mencari-cari di Google mengenai cara mendapatkan uang dari internet, kemungkinan besar anda akan menemukan istilah-istilah seperti dropship, dropshipping, maupun dropshipper.

Apa sih artinya istilah-istilah itu?

Dropship/Dropshipping

Merupakan sebuah skema bisnis dimana penjual hanya bertindak sebagai marketing yang mempromosikan barang dari supplier. Disini penjual disebut juga dengan dropshipper atau pelaku dropship.

Cara kerja sistem dropshipping sebagai berikut:

  1. Dropshipper mendaftar ke supplier.
  2. Dropshipper mempromosikan produk supplier baik lewat sarana online (website, forum, media sosial, iklan baris) maupun offline (memajang produk di toko, menjajakan langsung).
  3. Apabila dropshipper berhasil menjual produk kepada pembeli, maka dia akan menerima pembayaran dari pembeli tersebut lalu kemudian meneruskan rincian ordernya kepada supplier.
  4. Setelah dropshipper membayar harga produk yang telah didiskon (harga khusus reseller/dropshipper) kepada supplier, kemudian supplier akan mengirimkan barang pesanan pembeli dengan nama dropshipper sebagai pengirimnya.

Kelebihan Bisnis Online Dengan Sistem Drop shipping

Tidak dipungkiri lagi, sekarang ini dengan melesatnya jumlah pengguna internet, bisnis online lewat jalur dropship menjadi semakin populer dan banyak dijalankan oleh pelaku-pelaku usaha. Mengapa bisnis ini populer? Berikut ini adalah kelebihan bisnis online dropshipping:

  1. Tidak memerlukan modal besar.
  2. Tidak repot mengurusi manajemen stok.
  3. Dapat dengan mudah dimulai, hanya butuh katalog produk dan daftar harga dari supplier.
  4. Dapat dijalankan di waktu luang atau dengan kata lain, bisa dijadikan bisnis sampingan.

Walaupun begitu, bisnis ini juga tidak lepas dari kekurangannya tersendiri yaitu masalah stok. Karena dropshipper tidak perlu mengurus stok barang, kadang-kadang terjadi gangguan pada saat ada pesanan barang namun ternyata kondisi stok kosong. Kalau sudah begitu tentu saja pembeli bisa jadi kecewa dengan pelayanan dropshipper yang bersangkutan. Jadi uniknya, kelebihan di bisnis ini juga bisa menjadi kelemahannya apabila dropshipper tidak rajin mengecek kondisi stok barang di suppliernya.

Dimana Saya Bisa Mendaftar Menjadi Dropshipper?

Sekarang ini bisnis jualan online sudah sangat populer sehingga tingkat persaingannya bisa dibilang cukup ketat, karena itu juga banyak supplier-supplier yang gencar mencari rekan bisnis yang bisa membantu mereka untuk meningkatkan penjualan produk. Banyak sekali supplier-supplier dengan beragam jenis barang menawarkan sistem kerjasama ini bagi pelaku bisnis online yang berminat, anda dapat melihat beberapa diantaranya yang populer seperti dropship baju korea, dropship tas, dropship mainan anak, dropship barang unik, dan lain-lain.

Para supplier ini biasanya menerima pendaftaran dropshipper dengan mudah dan tanpa persyaratan yang rumit, jadi bagi anda yang ingin menjalankan bisnis online dropship, anda hanya perlu mencari supplier dropship di Google, di Facebook maupun di forum-forum jual beli saja. Namun anda juga perlu memastikan terlebih dahulu bahwa supplier pilihan anda dapat dipercaya, jika perlu datangi dulu lokasi bisnis supplier tersebut.

Tinggalkan Komentar

Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu