Bisnis Pipa PVC Yang Masih Sangat Luas Pangsa Pasarnya Di Indonesia

Pipa PVC Digunakan Di Setiap Rumah/Bangunan Di Indonesia

Jika anda memperhatikan bangunan modern di Indonesia dengan seksama, anda pasti menemukan jalur distribusi air pada bangunan tersebut. Dan biasanya jalur distribusi air itu menggunakan pipa PVC, galvanis maupun pipa PPR (walaupun jenis PPR masih baru dan jarang digunakan). Jenis pipa yang paling sering digunakan untuk jalur distribusi air adalah jenis pipa PVC atau yang sering disebut oleh orang awam dengan sebutan paralon.

Pipa PVC Sangat Murah Jika Dibandingkan Dengan Pipa Dari Jenis Lainnya

Mengapa pemakaian pipa PVC sangat digandrungi? Jawaban popularitas pipa PVC di Indonesia adalah karena harganya yang sangat murah dan ketahanannya yang cukup kuat sehingga dapat dipakai dalam jangka waktu sangat lama tanpa perlu perawatan.

Mengingat kondisi ekonomi Indonesia yang masih masuk ke dalam kategori negara berkembang, harga pipa PVC sangat bersahabat untuk berbagai kalangan di Indonesia. Hal ini menjadikan pipa PVC sebagai pilihan utama dalam pembangunan jalur distribusi air di proyek-proyek.

Walaupun murah, umur pipa PVC dapat menurun apabila terpapar oleh sinar UV dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga pipa akan menjadi getas dan mudah pecah apabila terkena benturan. Kualitas pipa PVC juga ditentukan oleh kandungan bahan campuran yang terdapat pada pipa tersebut. Biasanya semakin murah harga pipa PVC, maka kandungan bahan campurannya akan semakin tinggi, mengakibatkan menurunnya kualitas pipa yang berpengaruh pada tingkat ketahanannya pada tekanan dan umur penggunaan pipa tersebut.

Pangsa Pasarnya Masih Sangat Luas Di Indonesia

Saat ini bukan rahasia lagi apabila pembangunan di Indonesia masih belum merata. Jika dilihat dalam lingkup nasional Indonesia, baru pulau Jawa dan Bali sajalah yang menikmati pembangunan infrastruktur yang maksimal, sedangkan di kota-kota lainnya di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua masih memerlukan pembangunan dalam skala masif untuk dapat mengalami peningkatan dari segi ekonomi.

Untuk pasar di daerah Jawa dan Bali saja, tingkat permintaan pipa PVC masih tergolong tinggi, hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya pembangunan gedung-gedung high rise baru dan perumahan yang seakan tidak pernah berhenti tiap tahunnya. Toko bangunan dan distributor pipa PVC juga masih menghasilkan penjualan dalam jumlah yang signifikan dan terlihat dapat bertahan di tengah gelombang ekonomi yang naik turun.

Baru akhir-akhir ini saja setelah pemerintah banyak mengedepankan pembangunan di daerah-daerah luar pulau Jawa, sehingga permintaan akan pipa PVC, HDPE dan PPR menjadi semakin tinggi lagi. Anda dapat memperkirakan sendiri apabila di pulau Jawa saja, permintaan sudah sangat tinggi, apalagi bila di daerah-daerah lain juga mengalami tingkat pembangunan yang sama dengan di Jawa, tentunya tingkat permintaan pipa PVC akan meledak angkanya. Hal ini tentu saja merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menggiurkan bagi para pemilik modal besar yang ingin menanamkan investasi ke dalam industri pipa Indonesia, nyatanya ada banyak perusahaan asing yang ingin mengekspor pipa ke Indonesia atau bahkan ingin membangun pabrik pipa di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu