Bisnis Online: Mendapatkan Uang Dari Adsense Dengan Blogging

Apa Itu AdSense?

AdSense adalah sebuah program periklanan dari Google dimana pemilik blog/website dapat mendaftar dan menayangkan iklan di blog mereka untuk mendapatkan penghasilan dari setiap klik iklan yang dihasilkan.

Jadi untuk mendapatkan uang dari AdSense anda hanya perlu membuat website, lalu mendatangkan pengunjung ke website tersebut sebanyak-banyaknya.

Kelebihan AdSense dibandingkan dengan program periklanan lainnya adalah iklan yang muncul pada blog penayang memiliki topik yang relevan dengan isi pada blog tersebut. Misalnya anda memiliki blog yang membahas informasi seputar bisnis, maka iklan AdSense yang tayang pada blog anda akan berkaitan dengan bisnis. Jadi pemilik blog maupun pemasang iklan dapat dengan mudah mengatur penayangan iklan yang sesuai.

Berapa Yang Dapat Anda Hasilkan Dari AdSense?

Misalkan blog anda mendapatkan total jumlah pengunjung 2.000 sampai 3.000 pengunjung tiap bulannya dengan total 40 klik iklan per bulan dan untuk setiap klik anda dibayar $0.05 – $0.1 maka potensi penghasilan anda sebulan lewat AdSense adalah $2 – $4.

Kok kecil? Tenang saja, ini masih bisa ditingkatkan lagi kok. Anda hanya perlu mendapatkan pengunjung yang lebih banyak lagi ke blog anda. Jika anda mendapatkan total klik iklan 10x lipat dari perhitungan diatas (400 klik iklan per bulan), maka potensi penghasilan anda lewat AdSense menjadi $20 – $40 per bulannya (sekitar Rp 200 ribu – Rp 600 ribuan per bulan).

Masih kurang juga? Anda dapat membuat blog yang menggunakan bahasa Inggris agar nilai per klik yang anda dapatkan lebih banyak lagi. Atau anda juga dapat membuat blog dengan topik lain untuk mendapatkan potensi penghasilan yang lebih besar.

Dengan ketekunan dan keseriusan, bisnis online dengan AdSense juga dapat menghasilkan penghasilan tambahan yang lumayan. Ingin bukti? Lihat Bukti Pembayaran Google AdSense Bulan Februari 2016 saya disini.

Baca juga: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penghasilan AdSense

Berapa Modal Yang Dibutuhkan Untuk Mendapatkan Uang Dari AdSense?

Untuk membuat website dibutuhkan domain dan hosting yang biayanya sekitar Rp 200 ribu sampai dengan Rp 500 ribu per tahun, tergantung pada penyedia layanan hosting anda.

Mahal? Tenang dulu. Jika anda masih pemula dan ingin memulai pakai cara gratisan, bisa juga. Anda tinggal bikin akun di blogger.com dan mulai membuat blog gratis anda disitu. Pastikan anda lebih dulu menentukan niche atau topik blog anda terlebih dulu sebelum buat blognya ya.

Website/blog saja tidak cukup untuk mendapatkan uang dari AdSense. Anda harus mendatangkan pengunjung ke website/blog anda tadi. Caranya? Tentu saja langkah awalnya adalah dengan memasukkan artikel berkualitas ke dalam blog anda. Siapa juga orang yang mau mengunjungi website/blog kosong 🙂

Topiknya harus konsisten ya, misalkan anda menentukan topik “cara berternak ikan koi”, maka artikel-artikel yang diinput ke dalam website/blog anda tadi harus membahas seputar cara berternak ikan koi.

Jika anda berencana untuk menyewa orang untuk membuat artikel blog anda, modal yang dibutuhkan akan lebih banyak lagi. Misalnya saja untuk artikel bahasa Indonesia yang berisi 500 kata biasanya penulis lepas mematok harga Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribu per artikel. Ini tentu saja hanya direkomendasikan untuk pebisnis online yang memiliki budget dan telah berpengalaman dalam dunia blogging.

Tertarik Untuk Mendapatkan Uang Dari AdSense?

Jika anda tertarik untuk mendapatkan uang dari internet lewat AdSense, langkah pertama yang perlu anda ketahui adalah cara membuat blog.

Tapi blog yang akan anda buat tentu saja tidak bisa blog pribadi yang isinya pengalaman keseharian anda atau curhat anda, karena blog untuk menghasilkan uang dari internet memerlukan topik yang dapat dikomersialkan.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat blog untuk menghasilkan uang dari Google AdSense yang telah saya susun secara sistematis dan terperinci untuk anda.

Langkah-langkah membuat blog bisnis untuk mendapatkan uang dari AdSense

1. Menentukan niche atau topik blog anda

Agar blog anda nantinya mudah untuk dioptimalkan dan dipromosikan, tentu saja perencanaan mengenai topik blog harus dipikirkan terlebih dulu.

Penentuan niche/topik blog juga akan menjadi salah satu faktor penentu besarnya penghasilan anda di blog tersebut. Semakin populer dan komersil topik blog anda, maka iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense akan semakin variatif.

Berikut ini adalah contoh-contoh topik blog yang dapat dikomersialkan: tips memancing, jual beli mobil bekas, jual beli motor bekas, harga bahan bangunan, desain interior, dll.

Untuk dapat menentukan topik blog bisnis yang baik, anda dapat menggunakan keyword tools yang disediakan juga oleh Google. Anda dapat mengakses Google keyword tools di akun Google Adwords anda (Login, klik Tools, kemudian klik Keyword Planner).

Note:
* Semakin besar nilai rata-rata hasil pencarian sebulan (Avg. monthly searches) pada suatu topik, berarti topik tersebut sangat dicari di Google.
* Jika kompetisi (competition) suatu topik tinggi, hal tersebut berarti ada banyak pengiklan yang bersedia membayar anda untuk topik tersebut.
* Nilai suggested bid berarti iklan tersebut akan menghasilkan uang dengan jumlah tersebut per kliknya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai cara memilih niche untuk blog AdSense, anda juga dapat membaca artikel ini:

Baca juga: Cara Memilih Niche Untuk Blog AdSense

Baca juga: Cara Menganalisa Niche Dengan Google Keyword Planner

2. Memilih layanan penyedia blog

Setelah mendapatkan topik yang tepat untuk blog Adsense anda, langkah selanjutnya adalah menentukan layanan blog yang ingin anda gunakan. Saat ini ada beberapa pilihan populer untuk blogging, 2 diantaranya yang paling sering digunakan oleh pebisnis online adalah Blogger dan WordPress. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Blogging dengan WordPress

WordPress adalah blogging tools yang paling populer seantero dunia karena fleksibilitasnya, fiturnya dan kemudahan penggunaannya yang juga didukung oleh statusnya yang open source.

WordPress tersedia dalam 2 pilihan, yaitu:

  1. WordPress hosted (wordpress.com) dan
  2. WordPress self hosted (wordpress.org).

Perbedaannya adalah anda tidak boleh memasang iklan pada wordpress.com (hosted), beberapa fiturnya pun dibatasi di halaman adminnya. Jadi untuk membuat blog yang menghasilkan uang dari Google Adsense, tentu saja anda harus memakai WordPress self hosted (wordpress.org).

Baca: Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted Di Hosting cPanel

Kelebihan blogging memakai WordPress self hosted adalah anda dapat memiliki kontrol penuh terhadap blog anda. Jadi anda dapat bebas untuk memasang iklan, mengatur tampilan, dsb. Pemakaian plugin juga diperbolehkan, tidak seperti pada blog gratis di wordpress.com. Dan yang paling penting anda boleh memasang iklan di blog wordpress self hosted.

Kekurangannya adalah anda harus repot untuk melakukan banyak pengaturan, sehingga anda juga perlu mengetahui beberapa hal teknis mengenai web development. Selain itu juga anda perlu mengeluarkan uang untuk membayar hosting dan domain, walaupun ada hosting dan domain gratisan namun tidak direkomendasikan untuk memakai layanan yang tidak memiliki jaminan kualitas, apalagi untuk blog bisnis.

Blogging memakai Blogger.com

Kelebihan memakai blogger sebagai platform blogging adalah pendaftarannya yang mudah.

Untuk membuat sebuah blog di blogger.com, anda juga tidak perlu install ini itu dan setting cPanel seperti pada WordPress self hosted.

Dan kelebihan yang paling mencolok dengan menggunakan blogger.com anda tidak dikenakan biaya apapun tidak seperti pada WordPress self hosted yang memerlukan modal untuk sewa hosting dan beli domain.

Banyak yang beranggapan bahwa blogging di blogger.com juga akan memiliki kelebihan dari segi SEO (karena blogger.com dimiliki oleh Google, jadi semacam anak emasnya Google), namun menurut saya WordPress lebih unggul dalam SEO karena banyaknya fitur untuk pengaturan SEO di WordPress self hosted.

Kekurangan blogging di blogger.com adalah lebih sulit untuk mengatur tampilannya secara leluasa. Anda harus mengerti HTML, CSS dan XML serta cara kerja template blogger.

3. Menyetting blog anda dan mulai mengisi konten/artikelnya

Setelah anda selesai meng-install blog wordpress ataupun telah berhasil memiliki blog di blogger.com, langkah selanjutnya adalah mengisi konten dan melakukan pengaturan pada blog anda.

Pada blog wordpress, biasanya pengaturan awal yang perlu dilakukan adalah: permalink, isi category, hapus posting Hello World dan Sample Page.

Pada blog di blogger.com, biasanya pengaturan awal meliputi: penempatan widget, pengaturan header, dll.

Kemudian setelah selesai melakukan pengaturan awal, anda dapat mulai mengisi kontennya. Tentu saja anda juga harus memasukkan halaman privacy policy di blog anda, karena kebijakan Google Adsense mengharuskan blog publishernya untuk memiliki halaman privacy policy.

4. Mendaftar akun Google Adsense

Setelah anda memiliki jumlah posting lebih dari 50 dan blog yang berumur lebih dari 2 bulan, maka anda dapat mulai mendaftarkan akun Google Adsense. Prosesnya cukup lama karena perlu verifikasi dari tim Google Adsense terhadap blog anda terlebih dulu.

Baca: Cara Daftar Adsense Agar Cepat Dan Mudah Diapprove

5. Memasang kode iklan Google Adsense pada blog anda

Langkah ini paling mudah, namun tetap penting untuk dilakukan dengan teliti karena tidak semua penempatan iklan itu akan menghasilkan jumlah klik iklan yang baik. Biasanya iklan yang diletakkan di bawah judul postingan akan memiliki jumlah klik rata-rata yang lebih tinggi.

Baca: Strategi penempatan iklan google adsense untuk CTR yang tinggi.

6. Mempromosikan blog anda

Sebelumnya anda telah mengetahui bahwa AdSense akan membayar anda tiap kali iklan AdSense di blog anda diklik oleh pengunjung. Oleh karena itu anda membutuhkan banyak pengunjung blog untuk mengakumulasikan penghasilan AdSense anda. Semakin banyak pengunjung blog maka potensi penghasilan anda akan semakin besar.

Baca: Cara Mendapatkan Uang 1 Milyar Rupiah Dari AdSense Dalam Waktu Setahun

Jadi bagaimana cara meningkatkan pengunjung ke blog anda dengan efektif? Ada beragam cara, antara lain:

  • Promosi di media sosial
  • Blog walking
  • Promosi di forum
  • Memasang iklan baik yang gratis maupun berbayar
  • Membagikan freebies

Baca lebih lengkap: Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Untuk Bisnis Online

Tinggalkan Komentar

Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu