Cara Mengajukan Pinjaman Ke Bank

Bisnis7.com Cara melakukan Pinjaman Dana Di Bank sering menjadi bahan pertanyaan bagi para pelaku usaha yang kekurangan modal, atau bagi seorang yang baru saja ingin memulai suatu usaha.

Dalam memulai suatu usaha atau mengembangkan bisnis, memang  tidak bisa dipungkiri bahwa yang namanya modal selalu menjadi panutan utama.

Dalam berbisnis memang peribahasa “Jika ada kemauan pasti ada jalan untuk menuju kesuksesan”, tapi pada faktanya dalam memulai usaha,  besar atau kecil nya dana yang dikeluarkan tetap dinamakan sebagai modal. Dan sangat tidak mungkin bila kita memulai bisnis atau usaha tanpa menggunakan modal sepeserpun.

Pada umumnya sedikit kasus soal pinjam-meminjam sering kali diantara para pedagang mengambil jalur alternatif untuk mendapatkan modal, yaitu dengan meminjam uang kepada koperasi, bank keliling, bahkan rentenir sekalipun.

Padahal ada hal merugikan yang harus Anda ketahui jika meminjam uang atau dana melalui  bank keliling ataupun rentenir.

Kerugian Meminjam uang kepada bank keliling

Memang…dalam meminjam uang melalui bank keliling prosesnya lebih cepat dan mudah, tapi ada dampak kerugian yang bisa Anda dapatkan. Kerugiannya adalah Anda harus menyicil (membayar) pinjaman beserta bunganya setiap hari selama 30 hari. Besar bunga dalam meminjam uang di bank keliling adalah sebesar 20%. belum lagi ditambah potongan adminstrasi awal. Jangankan bisa mengembangkan usaha, yang ada uang dana yg diperoleh meminjam hanya dipakai untuk keperluan seperlunya saja dan sisahnya Anda tinggal pusing memikirkan cicilan hariannya.

Kerugian Meminjam uang kepada rentenir

Jangan sesekali Anda meminjam uang atau dana ke rentenir, karena Anda akan dilimpahkan bunga yg besar. Tidak hanya besar, jika Anda telat membayar angsuran (cicilan) maka Anda akan mendapatkan bunga yang berlipat-lipat.

Solusi mencari pinjaman dana yang baik dan benar serta tidak merugikan

Solusi tepat dalam mencari pinjaman uang atau dana yang baik dan benar yaitu dengan cara mengajukan pinjaman di bank resmi.

Jika dibandingkan dengan meminjam uang di bank resmi atau di bank keliling tentu sangatlah berbeda jauh. Bank-bank resmi seperti (BRI,BCA,BNI,Mandiri, dll) lebih memiliki suku bunga yang rendah bagi setiap nasabahnya. Suku bunga dalam melakukan pinjaman dana di bank resmi tidak melebihi 10%, bahkan ada bank resmi yang memiliki suku bunga hanya 1-2%.

Jadi solusi tepatnya dalam meminjam uang atau dana untuk keperluan usaha adalah dengan cara melakukan pinjaman dana di bank.

Cara Melakukan Pinjaman Dana Di Bank

 

Apa saja persyaratan yang perlu disiapkan untuk mengajukan pinjaman di bank ?

  1. Minimal usia 21 tahun
  2. Mempunyai usaha yang sudah berjalan (-/+) 2 tahun
  3. SKU (Surat keterangan Usaha)
  4. Data perlengkapan diri (KTP,KK)
  5. Npwp
  6. Memiliki agunan berupa BPKB motor, mobil atau sertifkat (SHM) rumah.

Setelah mempersiapkan hal-hal yang diperlukan diatas, maka tahap selanjutnya adalah proses pengajuan. Diantaranya sbb :

  1. Mendatangi bank (BRI, Mandiri, BCA, BNI, dan lain sebagainya)
  2. Melakukan pertanyaan seputar program pinjaman yang ada pada bank
  3. Mengisi formulir peminjaman
  4. Menyerahkan dokumen seperti SKU, KK, NPWP, foto copy jaminan dlsb.
  5. Proses review / survei
  6. Akad kredit

Dalam proses review atau survei, pihak bank akan mempertimbangkan permohonan pinjaman yang anda ajukan. Lama proses kerja survei biasanya memakan waktu 3 hari setelah serah dokumen.

Jika pengajuan dana pinjaman dana Anda di setujui, maka Anda akan menghadapi yang namanya akad. Akad ini adalah proses dimana pencairan dana atas pinjaman yang Anda ajukan.

—-

Itulah pembahasan singkat mengenai cara meminjam dana di bank, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi dalam bisnis Anda.

Salam sukses selalu dan sampai jumpa di artikel bisnis menarik lainnya.(bisnis7.com)

 

Tinggalkan Komentar

Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu
Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu