Cari Uang Di Internet Jadi Reseller Baju Dan Fashion Online

Potensi Pasar

Baju merupakan salah satu dari tiga kebutuhan primer manusia (sandang, pangan dan papan). Setiap orang mulai dari bayi, hingga orang tua, wanita dan pria semuanya pasti butuh baju. Dari sini saja sudah terlihat sekilas bahwa potensi pasar untuk penjualan baju sangat besar.

Apalagi pada era modern saat ini dimana fashion terus berkembang yang menjadikan model dan trend di pasaran menjadi sangat beragam. Hal ini juga turut mendorong peningkatan angka penjualan pakaian tiap tahunnya, baik itu baju wanita, baju pria, celana jeans, celana formal, baju ibu hamil, baju bayi dan anak, pakaian dalam, sampai pakaian olahraga.

Coba kita hitung sekilas, jumlah penduduk di Indonesia saja sudah 300 juta jiwa saat ini. Jika anda dapat meraih penjualan 1 persen dari total jumlah penduduk (3 juta pembeli) saja tiap bulan dengan keuntungan bersih 5 ribu rupiah, berarti total laba bersih yang anda dapatkan adalah Rp 15 milyar (3 juta pembeli dikali Rp 5 ribu). Besar sekali bukan?

Selain dari jumlah permintaan baju yang cukup tinggi, bisnis fashion ini juga memiliki kelebihan dari segi repeat order (pelanggan yang membeli lagi).

Walaupun rentang waktu pembelian tidak secepat bisnis kuliner, namun yang pasti rata-rata tiap orang mengganti pakaian usangnya tiap tahun dan membeli pakaian baru dalam kurun waktu tersebut.

Bahkan banyak juga orang yang ukuran bajunya dapat berganti dalam waktu yang cukup singkat sehingga terpaksa harus membeli pakaian baru dengan ukuran yang lebih pas.

Persaingan Usaha

Karena tingkat permintaan yang sangat tinggi, wajar saja apabila peluang usaha bisnis fashion yang masif ini sangat jelas terlihat oleh banyak pengusaha. Ditambah lagi dengan sifat bisnis ini yang cenderung mudah untuk dimulai dan dijalankan, tentu saja banyak sekali pelaku usaha yang berbondong-bondong memilih untuk menekuni bisnis ini

Dengan kondisi tersebut, tentu saja persaingan usaha di bisnis fashion dan penjualan baju sangat ketat, apalagi sekarang ini penggunaan internet sudah sangat luas sehingga supplier dapat dengan mudah dicari karena mereka juga biasanya menerima agen/reseller/dropshipper baru tanpa syarat yang rumit.

Modal awal yang perlu dikeluarkan untuk memulai usaha fashion saat ini juga relatif kecil, bahkan sekarang sistem penjualan dengan cara dropship juga turut membantu mengompori usaha bagi anda yang tidak ingin keluar modal membeli stok baju dulu.

Yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan penjualan hanya dengan mendaftar menjadi dropshipper di supplier baju yang terpercaya, memasarkan produk-produknya baik secara online maupun offline, kemudian meneruskan orderan ke supplier tadi.

Jadi tanpa perlu ribet ngurus stok dan keluar modal awal pun sebenarnya banyak orang dapat memulai bisnis baju online dengan cara dropshipping tadi. Mudah bukan? Tapi tidak juga, karena tingkat persaingannya yang cukup ketat.

Tidak jarang pula orang beralih dari bisnis fashion ini ke bidang bisnis lain dikarenakan tingkat persaingannya yang tinggi. Beberapa juga ada juga yang jenuh karena bisnis ini dinilai merepotkan.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Fashion Online Dengan Cara Reseller Maupun Dropship?

  1. Daftar di supplier yang dapat dipercaya dan yang memiliki persyaratan reseller/dropship yang dapat anda ikuti dengan mudah. Jika anda ingin menjadi reseller, pastikan anda memiliki dana yang cukup untuk membeli stok awal produk.
  2. Promosikan produk supplier anda lewat berbagai metode online. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian dana untuk budget promosi apabila anda ingin memakai jalur promosi berbayar, misalkan saja budget untuk membuat website, memasang facebook ads, membeli jasa iklan pada instagram, dll.
  3. Setelah mendapatkan order, tangani order tersebut dengan baik. Apabila memungkinkan usahakan juga untuk mendapatkan testimoni dari pembeli tersebut.

Masalah apa saja yang biasanya muncul ketika menjalani bisnis reseller/dropship fashion online?

  • Ukuran baju tidak sesuai dengan ukuran badan pembeli. Solusinya bisa dengan memberikan informasi sedetail dan seakurat mungkin mengenai ukuran baju kepada calon pembeli. Selain itu anda juga dapat memberlakukan kebijakan pengembalian barang apabila ukuran baju ternyata tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh pembeli, caranya bisa dengan meminta ongkos kirim dari pembeli dan baju yang ditukar tidak mengalami kerusakan.
  • Calon pembeli memesan tapi kemudian tidak jadi membeli. Hal ini akan banyak anda hadapi saat berjualan online dengan sistem yang manual (pakai BBM, WhatsApp) maupun otomatis (shopping cart website, platform e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak). Hanya saja pada sistem penjualan online yang otomatis, anda akan lebih dimudahkan dan tidak terlalu terganggu dengan tipe pembeli hit and run seperti ini.

Apa saja yang harus anda lakukan untuk bisa sukses di bisnis fashion online?

  • Mengikuti tren fashion yang sedang digandrungi oleh masyarakat. Jika anda mengetahui selera fashion konsumen, tentu saja anda potensi penjualan anda juga semakin meningkat dengan mempromosikan produk yang sesuai selera pasar.
  • Menerapkan strategi promosi yang agresif. Maksimalkan penggunaan semua sosial media maupun promosi di forum.
  • Menerapkan manajemen yang baik agar pengiriman barang lancar sehingga konsumen puas dan bahkan berlangganan.

Tinggalkan Komentar

Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu
Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu