Panduan Bisnis Jasa Pembuatan Website

Bisnis7.com – Panduan bisnis jasa pembuatan website | Jasa pembuatan website adalah sebuah bisnis dalam bidang jasa yang bergerak dalam pembuatan serta pengelolaan suatu website. Bisnis jasa pembuatan website umumnya dijalankan oleh para freelance, organisasi (tim developer) atau perusahaan.

panduan bisnis jasa pembuatan website

Sobat bisnis7 dimanapun Anda berada, Anda semua pasti mengetahui tentang keberadaan website-website sekarang ini sudah semakin banyak jumlahnya. Baik itu website kategori personal, perusahaan, toko online, hingga website-website yang memuat berbagai macam informasi.

Saat ini memiliki website merupakan sebuah hal yang penting bagi entitas bisnis, profesional maupun institusi. Website akan menjadi alat promosi, branding dan juga sarana meningkatkan penjualan dari pemilik bisnis. Selain karena alasan tersebut, banyak juga blogger yang berlomba-lomba untuk membuat website blog untuk mendulang uang dari internet dengan cara menjadi penayang iklan. Karena teknologi sudah semakin maju, penggunaan gadget juga semakin luas menjadikan internet semakin mudah diakses, yang akhirnya mengubah iklim digital semakin diminati di dunia bisnis dan membuat pelaku bisnis harus ikut terjun ke ranah online dan memiliki website.

Jadi tidak heran jika saat ini jasa pembuatan website merupakan bisnis yang memiliki potensi pasar yang sangat luas, pekerjaan web developer pun tidak ada habisnya diiklankan oleh para pemilik bisnis agar mereka dapat segera memiliki identitas di dunia maya. Walaupun ada juga yang bilang bahwa suatu saat website akan digantikan oleh aplikasi mobile, namun sepertinya hal tersebut tidak akan terjadi dalam jangka waktu yang singkat. Pekerjaan web developer akan terus ada sebagai pelengkap dari mobile apps developer.

Artikel terkait :

  • Bisnis menguntungkan Bermain Blog dan Google adsense
  • Cara mempromosikan usaha lewat facebook

Panduan Bisnis Jasa Pembuatan Website

Sebelum mengetahui cara memulai bisnis jasa pembuatan website, ada baiknya Anda mengetahui tentang beberapa hal yang harus disiapkan, diantaranya :

  1. Mempunyai kemampuan di bidang web development

Memiliki skill web development merupakan hal yang wajib jika Anda ingin memulai bisnis jasa pembuatan website. Ilmu dasar yang harus dimiliki diantaranya: menguasai bahasa pemrograman server side (PHP/ASP/Python/Ruby/Java/Go/Node JS, dll), mengerti HTML/CSS dan JavaScript, mengerti SQL, mengerti desain grafis. Akan lebih bagus apabila anda juga mahir memakai framework web maupun CMS yang populer seperti misalnya WordPress, Laravel, CodeIgniter, Yii, RoR, Django, dll.

  1. Kreatif

Selain pengetahuan di bidang web development, seorang pembuat website juga harus memiliki jiwa seni yang kreatif.

  1. Mampu bekerja secara deadline dan memiliki sifat yang bertanggung jawab

Kreatif saja tidak cukup, Anda juga harus siap dan mampu bekerja secara deadline serta memiliki tanggung jawab penuh atas pekerjaan yang diselesaikan.

Langkah – Langkah memulai bisnis jasa pembuatan website

  1. Modal

Modal awal yg diperlukan dalam memulai jasa pembuatan website adalah kurang lebih Rp 5 jutaan s/d Rp 10 jutaan, modal awal ini diguanakan untuk membeli laptop, sambungan internet, membeli domain, hosting, dll.

  1. Laptop atau komputer desktop dan sambungan internet

Jika Anda belum memiliki laptop, maka gunakanlah modal yang sudah disiapkan. Cari laptop dengan spesifikasi mumpuni untuk web programming, agar mendapatkan harga murah disarankan untuk membelinya di pusat grosir elektronik.

Tidak perlu terlalu canggih seperti laptop gaming, anda hanya butuh prosesor yang bagus, SSD, dan RAM minimal 4 GB.

Setelah mendapatkan laptop, maka Anda bisa menghubungkannya dengan jaringan internet. Anda bisa menggunakan modem, atau berlangganan internet bulanan.

  1. Sisakan modal untuk belanja domain dan hosting

Dari sisa belanja laptop dan sambungan internet maka Anda harus menyisihkan modal buat berjaga-jaga belanja domain dan juga hosting. Karena biasanya setiap client (pelanggan) hanya mau membayar full ketika project (job) selesai.

  1. Mulai mencari job atau project di situs-situs freelance

Setelah Anda siap dengan beberapa point diatas, maka segeralah mendaftarkan diri Anda dibeberapa situs freelance yang menyediakan berbagai macam job pembuatan website. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa situs freelance, seperti ; projects.co.id, freelancer.co.id, sribulancer.com.

Artikel terkait : projects.co.id tawarkan freelance penghasilan yang menguntungkan

  1. Menentukan harga jasa

Sebagai seorang pembuat website yang profesional, Anda harus menentukan harga service jasa pembuatan website. Dalam menentukan harga jasa, pastikan Anda menghitung terlebih dahulu jumlah modal yang diperlukan. Setelah Anda mengkalkulasi jumlah modal yang diperlukan, maka baruah Anda menyisipkan untung didalamnya.

Contohnya :

  1. Belanja domain 1 tahun : Rp.
  2. Belanja hosting : Rp.
  3. Keperluan lain-lain : Rp.
  4. Untung Anda Rp. –

Total modal : Rp.

Untuk menentukan harga jasa yang benar, Anda harus berani bersaing dengan harga yg berada dipasaran. Namun, jika dari harga pasaran tidak terjangkau (terlalu murah) dengan Anda maka lebih baik untuk mengikuti harga pasar yang wajar-wajar saja.

Tinggalkan Komentar

Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu
Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu