Panduan Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis

Bisnis7.com |  Menemukan lokasi usaha yang strategis memang tidak semudah apa yang dibayangkan. Karena salah satu faktor penting yang mempengaruhi suksesnya bisnis atau usaha itu adalah lokasi usaha itu sendiri.

Sering kali kita salah kaprah dalam menentukan tempat usaha yang strategis. Salah menentukan sedikit saja, maka hasilnya yang ada malah tragis. Maka dari itu, pada kesempatan khusus kali ini bisnis7 akan memberikan panduan lengkap tentang cara menentukan lokasi usaha yang strategis (bukan tragis!!!)

Cara Menemukan Lokasi Usaha Yang Strategis

 

  1. Mengenal jenis lokasi tempat dan Peluang didalamnya

Peluang yang dimaksudkan disini lebih mengarah terhadap potensi target penjualan, dan Sebelum Anda memilih lokasi usaha, sebaiknya Anda memperhatikan point 1 ini. Karena pada dasar dan umumnya setiap tempat atau lokasi memiliki nilai strategis tersendiri.

Misalnya saja Anda membutuhkan tempat untuk dijadikan toko atau counter pulsa, maka hal yang Anda harus perhatikan adalah apakah lokasi yg Anda pilih memiliki peluang didalamnya. Anggap saja Anda memilih lokasi tempat yang berada di pinggir jalan, lalu Anda lihat apakah dalam wilayah sekitar tersebut lebih banyak pengguna jalan (lalu lintas padat)  atau lebih banyak padat penduduk. Jika hanya ramai pengguna jalan saja, maka lokasi ini tidak masuk dalam kategori strategis untuk berjualan pulsa.

Namun, Lokasi usaha yang berada di wilayah padat pengguna jalan (lalu lintas padat) adalah lokasi yang strategis untuk berjualan makanan, karena peluang banyaknya pengguna jalan yang mampir lebih besar, terlebih halnya mereka yang harus beristirahat setelah perjalanan jauh.

  1. Memilih lokasi berdasarkan jenis usaha

Masih menyingung point 1, dalam menentukan lokasi usaha haruslah dilihat dari jenis bisnis yang ingin Anda jalankan.

  • Khusus memilih lokasi usaha untuk bidang jasa seperti bengkel, taylor (jahit), counter service handphone, agen tiket, service jok motor, steam motor & mobil direkomendasikan untuk memilih lokasi usaha yang berada di wilayah yang memiliki banyak pengguna jalan (lalu lintas padat)
  • Khusus untuk bisnis bidang kuliner direkomendasikan untuk memilih lokasi tempat usaha yang padat pengguna jalan namun setidaknya memiliki lahan parkir.
  • Khusus untuk bisnis seperti toko buku sangat direkomendasikan untuk memilih tempat yang berada dekat sekolah, pusat perbelanjaan, pasar, ataupun lokasi yang padat akan penduduk.
  • Khusus usaha salon direkomendasikan untuk memilih lokasi tempat yang berada didalam pusat perbelanjaan, atau lingkungan padat ruko.
  1. Lokasi tempat usaha yang strategis pasti harga sewa tempatnya mahal

Harga memang tidak pernah bohong, dan ini terbukti di kota kota besar seperti jakarta. Di luar sana banyak sekali pemilik ruko yang menetapkan harga sewanya dengan nilai mahal. Namun hal ini tidak perlu dipermasalahkan, karena biasanya lokasi usaha yang strategis pasti sewa tempatnya mahal.

Lebih baik memilih sewa tempat dengan harga mahal dari pada memilih yang murah tapi tidak memberikan efek positif terhadap usaha Anda.

—-

Jadi inti dan kesimpulan dari 3 hal yang sudah dijelaskan adalah kita harus lebih pintar dan jeli dalam melihat potensi peluang berdasarkan usaha yang ingin Anda dirikan.

Sebagai tips tambahan : Janganlah Anda memaksakan untuk mendirikan sebuah usaha pada lokasi tempat yang jelas-jelas tidak cocok dengan jenis bisnis Anda. Tunggulah hingga benar-benar menemukan lokasi usaha yang strategis, dan dirikanlah usaha Anda hingga hasilnya berjalan laris manis.

Tinggalkan Komentar

Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu
Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu