Peluang Usaha Berdagang Sayuran

Bisnis7.com – Peluang Usaha Dagang Sayur Mayur | Kebutuhan pangan terhadap sayur mayur memang sudah menjadi hal yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Setiap kandungan yang terdapat di dalamnya dapat memberikan kita vitamin, mineral serta manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Tidak ada musim dimana orang-orang tidak suka dengan sayur mayur, sejak jaman dahulu hingga sekarang sayur mayur tetap jadi makanan pokok wajib yang harus dihidangkan bersamaan dengan asupan karbohidrat.

Peluang usaha dagang sayur mayur

peluang usaha dagang sayur mayur

Mengingat kebutuhan terhadap sayur mayur itu semakin meningkat dan juga penting. Maka kondisi ini pun menjadi sebuah incaran peluang usaha yang menarik bagi para masyarkat indonesia.

Usaha dagang sayur memang menjadi salah satu peluang usaha yang paling mudah dijalankan oleh siapapun dan dimana saja.

Pedagang sayur umumnya menjual dagangannya melalui gerobak keliling. Setiap pagi hari para pedagang sayur memulai mengais rezeki melalui gerobak yang didorongnya. Selain di pagi hari, pedagang sayur juga ada yang keliling di sore hari.

Selain pedagang sayur keliling, terdapat juga pedagang sayur mangkal. Yang menjadi perbedaan pedagang sayur mangkal adalah mereka memiliki sebuah lapak dan jumlah dagangannya pun lebih banyak jika dibandingkan pedagang sayur keliling.

Dari segi harga, pedagang sayur mangkal lebih murah dibandingkan dengan pedagang sayur keliling.

Sedangkan untuk modal, pedagang sayur keliling memerlukan modal awal berupa gerobak dan belanja awal sayur untuk dijual sekitar Rp 500 ribu s/d Rp 1 juta.

Berbeda dengan pedagang sayur mangkal, tukang sayur mangkal lebih memerlukan modal awal yang besar. Seperti misalnya biaya sewa tempat. Namun soal belanja sayur awal, pedagang sayur mangkal biasanya memerlukan biaya belanja hingga 2 juta rupiah dalam per harinya.

Dalam segi omset dan keuntungan, usaha dagang sayur tidak bisa diprediksi secara rinci dan juga detail. Hal ini dikarenakan setiap jenis sayur yang dijual memiliki satuan harga yang berbeda-beda. Misalnya saja satu ikat kangkung, 1 kg bawang merah, 1 kg kol, dan lain sebagainya.

Namun jika diestimasi, untung berjualan sayur dapat mencapai 20% persetiap barang yang dijual.

Salah satu kisah inspirasi pedagang sayur yang sukses adalah pemuda berusia 24 tahun bernama Samsul Arifin.

Samsul Arifin ini merupakan seorang pedagang sayur dan buah yang memulai bisnisnya dengan modal awal Rp 1 juta.

Samsul Arifin mulai berdagang sayur dan buah lantaran ia perlu membayar uang kuliah. Saat itu usianya baru menginjak 20 tahun, ia memperoleh barang dagangannya melalui petani lalu menjualnya kembali ke pasar.

Dengan tekun ia sabar menjalani usaha kecilnya tersebut, dan hasil mulai terlihat ketika usahanya meraih omset Rp 6 juta perhari. Dan dalam 30 hari Samsul Arifin bisa mengumpulkan omset Rp 180 juta.

Berkat usaha serta kegigihan yang luar biasa, kini samsul memiliki 2 cabang usaha sayur , yaitu di Pasar Blok A Jakarta Selatan dan di Pasar Induk Kramat Jati.

Tidak hanya itu saja, Samsul juga saat ini sudah memiliki motor, mobil, rumah, hingga membangunkan rumah untuk orang tuanya.

Perjuangan Samsul Arifin tidak sampai disini saja, ia juga berkeinginan terus mengembangkan usaha nya dan lebih banyak memperkerjaan pegawai.

Dari kisah Samsul Arifin ini setidaknya membuat kita semua menjadi bersemangat dalam mengintip dan memulai usaha dagang sayur.

Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi pacuan kita dalam memulai bisnis.

Tinggalkan Komentar

Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu