Peluang Usaha Jual Baju Muslim Yang Menguntungkan

Bisnis7.com – Peluang bisnis busana muslim yang menguntungkan | Baju muslim bukan hanya menjadi pakaian yang hanya digunakan saat melakukan ibadah saja. Akan tetapi busana muslim/muslimah sudah menjadi pakaian yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari atau acara penting lainnya. Seperti misalnya disaat ingin bertamu, mendatangi acara pernikahan, shopping, dll.

Busana muslim memang menjadi trend bagi kalangan muslim dan juga muslimah, mereka yang ingin tetap trendi namun tetap mengikuti aturan islam.

Berbusana muslim bisa dikatakan lebih terlihat rapih dan juga sopan, apalagi bagi wanita yang mengenakannya tentu akan terlihat cantik dan menawan. Disamping itu dengan busana muslim, wanita juga telah menjaga auratnya dari pandangan-pandangan negatif.

peluang usaha baju muslim yang menguntungkan

Trend busana muslim ditanah air (style jogja)

Trend Busana muslim di Tanah Air

Busana muslim baik pria atau wanita memang memiliki jenis bahan dan desain yang berbeda, apalagi jika kita lihat dari perkembangan setiap tahunnya. Hal ini tentunya membuat banyaknya ragam macam motif serta desain baru diluncurkan oleh para desainer-desainer baju muslim di tanah air. Menyangkut semua itu tentunya membuat tingkat minat beli masyarakat menjadi terus meningkat seiring dengan perkembangan jaman.

Baju muslim umumnya paling gencar dicari ketika mendekati hari hari raya, seperti idul fitri dan  idul adha, mereka berbondong-bondong berdatangan mengunjungi pasar-pasar tradisional, butik, toko busana muslim, dan pedagang kaki lima.

Jenis Busana muslim yang banyak dijual dipasaran adalah baju koko, gamis, busana muslimah, hingga perlengkapan sholat seperti sajadah, mukena, tasbih sampai kitab suci Al-quran.

Dari perkembangan busana muslim di tanah air ini, tentunya berdampak baik bagi semua kalangan. Misalnya saja bagi seorang desainer, pengrajin tekstil, hingga para pedagang sekalipun.

Tentunya ini sangat menjadi pintu peluang sebuah usaha, bagi Anda yang ingin mencoba terjun kedalam bisnis busana muslim ini.

Jika Anda ingin memulai bisnis busana muslim caranya pun tidak sulit, dan yang terpenting Anda memiliki niat usaha yang bulat.

Cara memulai bisnis busana muslim

peluang usaha baju muslim yang menguntungkan

Memulai bisnis busana muslim menguntungkan

  1. Mengikuti Perkembangan trend

Sebelum benar benar terjun kedalam bisnis busana muslim, sebaiknya Anda mengenal dulu tentang apa yang menjadi trend terkini desain busana muslim. Selain itu Anda juga harus tahu tentang nama nama bahan yang digunakan dalam busana muslim, hal ini bertujan agar Anda tidak kupdate (kurang update).

  1. Menentukan nama toko dan mulai membangun lapak busana muslim Anda

Jika Anda sudah menguasai mengenai trend busana muslim, maka langkah selanjutnya adalah membuat nama bisnis busana muslim serta mulai merancang lapak usaha Anda.

Anda bisa memilih tempat yang berada dekat keramaian kota, seperti pinggir jalan atau ruko  (rumah toko)

  1. Temukan grosir busana muslim murah

Sebelum menyiapkan modal, langkah baiknya adalah Anda harus menemukan terlebih dahulu grosir busana muslim yang menjual perlengkapan busana muslim untuk Anda jual ulang. Hal ini bertujuan agar Anda tidak sulit dalam menentukan harga jual dan menentukan berapa persen untung.

  1. Persiakan modal dan perhitungan penjualan

Jika langkah ke (2) Anda sudah lakukan dan langkah ke (3) sudah Anda temukan, maka lakukanlah perhitunhgan modal.

Contoh ;

– biaya sewa ruko 1 bulan : Rp. 1.500.000

– desain tempat : Rp. 5.000.000

– belanja etalase dlsb : Rp. 5.000.000

– belanja stok awal : Rp. 10.000.000

Total : Rp. 21.500.000

Dari besarnya total yang Anda keluarkan ini, pastikan Anda menguasai dalam bidang marketing dan juga target. Karena Anda memiliki kewajiban pokok untuk membayar sewa bulanan sebesar : Rp. 1.500.000.

Dalam menerapkan bisnis busana muslimah agar modal tertutup dan untung terasa pastikan Anda mengambil untung dari setiap barang yang dijual sebesar 30-50%.

Misalnya ; hari ini Anda memiliki total penjualan 3.500.000 (dari modal 10 juta) untung yang Anda tentukan adalah 30% berarti dari 3.500.000 hasil penjualan, Anda memiliki untung Rp. 1.050.000.

Dari hasil untung ini sebaiknya Anda sisihkan 50:50,  50% nya untuk tambahan modal, sedangkan 50% lagi Anda bisa simpan sebagai dana dingin toko Anda.

Perhitungan :

Untung penjualan Rp. 1.050.000 (30% dari 3.500.000)

Sisihan tambahan modal Rp. 500.000

Sisah untung Rp. 550.000

Jika sisah untung ini Anda kalikan selama 1 bulan (30 hari) = Rp. 550.000 x 30 = total untung yang Anda kantongi adalah Rp. 16.500.000.

***perhitungan ini diambil jika Anda memiliki omset perhari 3.500.000, semakin tinggi omset maka akan semakin tinggi peluang untung yang akan Anda dapat.

Cukup sudah pembahasan lengkap mengenai peluang bisnis busana muslim, semoga bermanfaat.

Selamat mencoba dan salam sukses.

Tinggalkan Komentar

Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu