Siomay, Peluang Usaha Kuliner Yang Disukai Oleh Berbagai Etnis

Bicara tentang kuliner, banyak orang di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan yang namanya siomay. Makanan yang diadaptasi dari negeri Cina ini sering dijumpai di tempat-tempat seperti mall, pujasera, food court maupun dijajakan langsung di gerobak dan sepeda.

siomay-khas-bandungKemudahan dalam pembuatan dan pengadaan bahan siomay menjadikan siomay sebagai salah satu makanan yang populer untuk dijadikan bisnis kuliner.

Apalagi laba yang dapat diraih oleh pengusaha bisnis siomay ini ternyata lumayan besar, tidak heran bisnis kuliner berbasis siomay banyak bermunculan baik dalam bentuk kemitraan, peluang usaha maupun waralaba.

Aslinya di negeri Cina, siomay adalah sejenis dimsum yang terbuat dari adonan daging (bisa daging ayam, babi, sapi atau kepiting) yang dibungkus dengan lapisan terigu tipis dan kemudian dikukus.

Setelah memasuki Indonesia dan diadaptasi oleh orang lokal disini, bahan adonan dagingnya diganti dengan daging ikan (biasanya ikan tenggiri) dan tidak menggunakan lapisan kulit luar dari terigu lagi pada saat akan dikukus.

Racikan adonan siomay ini dapat berbeda-beda, ada yang menggunakan kombinasi daging ikan dan daging udang, daging ikan dan ayam, namun daging babi tidak digunakan karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Penyajiannya pun bervariasi dengan dikombinasikan dengan kentang kukus, kol, pare, tahu dan dibumbui oleh saus kacang dengan tambahan perasan jeruk limau.

Rasa siomay yang telah diadaptasi oleh penduduk lokal Indonesia telah banyak disukai dan sudah dianggap sebagai makanan lokal pada umumnya baik oleh etnis Cina keturunan maupun penduduk lokal di Indonesia.

Peluang usaha siomay ini pun tumbuh subur dengan banyaknya orang yang menyukai masakan kukus ini baik sebagai cemilan maupun untuk pengganti nasi dan makanan berat.

Dari segi modal, bisnis siomay dapat dibilang merupakan bisnis kuliner yang dapat dimulai dengan nilai modal yang fleksibel. Anda dapat memulai bisnis siomay dengan skala rumahan dan anda juga dapat mengembangkan usaha ini dengan permodalan besar sampai ke peralatan produksi skala industri.

Untuk memulai bisnis siomay ini sekarang anda dapat memilih jalur waralaba atau kemitraan atau memulai bisnis dari nol dengan resep dan sistem anda sendiri.

Karena saat ini sudah ada beberapa bisnis waralaba siomay yang aktif menawarkan sistem kemitraan dengan brand, sistem dan resep mereka yang sudah berjalan di pasaran.

Apapun pilihan yang anda tempuh, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Satu hal yang pasti adalah makanan ini merupakan perpaduan budaya Cina dengan lokal dengan adaptasi dan rasa yang sudah disempurnakan menjadikan bisnis kuliner siomay punya potensi pasar berbagai etnis.

Walaupun sudah banyak sekali pemain yang memadati arena kompetisi di bisnis siomay ini, ternyata omzet yang diraup oleh banyak pengusaha siomay masih tetap menjanjikan. Ingin coba berbisnis siomay?

Tinggalkan Komentar

Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu