Tips Membuat Usaha Warung Sembako Laris Manis

Bisnis7.com – Tips membuat usaha warung sembako laris manis | Warung sembako Anda tidak berjalan stabil? Sepi pembeli? Kurang modal? Jangan khawatir, karena tim kami kali ini hadir dengan solusi yang akan membahas tentang cara membuat warung sembako laris manis, tanpa panjang lebar simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Usaha warung sembako umumnya menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari seperti misalnya beras, minyak, gula, tepung, dll.

Dan yang mungkin menjadi penyebab utama usaha warung sembako sepi adalah ketidak lengkapan barang dagangan sembako yang Anda jual dan mahalnya harga yang Anda tetapkan.

Kedua faktor ini menjadi penting dan sangatlah mempengaruhi kelangsungan usaha warung sembako Anda.

Ketidak lengkapan barang dagangan misalnya, mungkin dalam sekali dua kali pembeli akan wajar dan maklum, namun jika barang dagangan sering kosong, maka yang ada pembeli engan datang kembali ke warung sembako milik Anda.

Sedangkan jika kita bahas soal harga sembako, disini perlu diketahui bahwa kebutuhan masyarakat terhadap barang sembako adalah teramat penting. Apalagi mengingat keadaan ekonomi masyarakat menengah kebawah yang tidak stabil, jika berbeda 500-1000 rupiah saja, pembeli bisa kabur dan pergi mencari warung sembako yang jauh lebih murah.

Selain 2 faktor ini, terdapat juga beberapa faktor yang mempengaruhi warung sembako sepi dari pembeli :

  1. Lokasi tempat tidak strategis
  2. Pelayanan yang tidak sopan (judes,dan tidak menyenangkan hati pembeli) &
  3. Jam buka warung yang terlalu siang.
  4. Kondisi warung jorok atau kumuh.

Menyikapi berbagai macam faktor yang mungkin menjadi penghambat warung sembako Anda, maka disini harus ada langkah mengantisipasinya.

Tips membuat usaha warung sembako laris manis

Agar warung sembako laris manis, perhatikan tips rekomendasi bisnis7 dibawah ini :

  1. Berikan Harga Yang Terjangkau bagi konsumen dan mengimbangi pasar

Menjadi landasan utama bahwa harga adalah faktor terberat yang mempengaruhi kelancaran dalam berbisnis sembako. Buatlah harga jual sembako yang sesuai dengan kantong masyarakat dan sesuaikan juga dengan harga pasar. Ingat!!! Warung sembako ini merupakan incaran para masyarakat menengah kebawah, jadi harus pintar-pintar dalam menentukan harga jual sembako.

  1. Lengkapi barang dagangan

Jika sulit mendapatkan barang dari pemasok lama, maka hal yang harus Anda lakukan adalah mencari pemasok baru. Jika pemasok baru menentukan harga beli tinggi, maka Anda bisa mencoba sesekali mengambil langkah inu kemudian menyesuaikan harga jual ke konsumen yang sedikit berbeda dari sebelumnya.

  1. Bukalah Warung sembako Anda di pagi hari

Membuka usaha warung sembako di kota kota besar seperti jakarta, berarti Anda sudah harus tahu tabiat lingkungan di pagi harinya. Jika sedikit kesiangan saja, pembeli akan lebih memilih belanja ke minimarket yang buka dalam waktu 24 jam.

Sangat direkomendasikan untuk warung sembako, buka antara pukul 05:00 atau 05:30, karena jam-jam ini merupakan jamnya kesibukan rutinitas dimulai.

  1. Tingkatkan keramahan dalam melayani pembeli

Tidak semua pembeli memiliki watak dan karakter yang sama, ingat pembeli adalah raja!! Jadi Anda harus tetap ramah dan sopan dalam melayani setiap barang yang ingin dibelinya.

  1. Kurang strategis, tutup sementara lalu pindah.

Terakhir, Jika sobat binis7 merasa bahwa yang menyebabkan sepinya warung sembako ialah disebabkan oleh lokasi warung yg kurang strategis, maka Anda harus pindah ke tempat yang lokasinya berada di wilayah yang strategis. Sebelum pindah, Ada baiknya jika Anda tutup sementara waktu agar mendapatkan tempat yang benar-benar cocok.

Tinggalkan Komentar

Info Bisnis Dan Peluang Usaha 7 Hari Seminggu